Buat bikers, motor itu ibarat jodoh.
Kudu diperhatiin bener biar gak gampang ngambek. Nah, Brosis sendiri wajib
paham bener karakter motormu. Buat pemilik matic, sebenernya ada empat
penyakit musiman yang kudu diwaspadai.
Emang sih tiap motor sebelum dilepas
ke pasaran pasti udah diuji kelayakannya. Tapi tetap aja semua komponen pasti
punya masa pemakaian. Makin sering motor dipakai, makin pendek umurnya. Kalau
lupa atau males, dijamin maticmu bakalan langsung ngambek berat.
Yang pertama kudu diwaspadai adalah
drive belt. Onderdil ini salah satu ”kelemahan” matic. Karena tugasnya
menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek
dengan jarak km tertentu. Jangan sampai deh putus karena bisa runyam.
Kemudian ban. Karena diameter lebih
kecil dibandingkan motor bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak dan
aus akan lebih cepat. Trus bikers matic biasanya lebih doyan pake rem. Malah
banyak tuh yang tetap nekan tuas rem meskipun skutik lagi jalan normal. Nah,
kebiasaan ini yang biasanya bikin kampas rem jadi cepat abis.
Terakhir yaitu kopling. Prinsip
kerjanya sih sebenarnya mirip ama jenis motor lain. Tapi karakteristik kopling
di skutik berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai mangkuk kopling,
roller, per, dan sebagainya. Kalau Brosis nggak rajin meriksa secara berkala,
siap-siap aja ngeluarin tambahan duit buat beli part baru.




Tidak ada komentar:
Posting Komentar